.

.

LMA Kabupaten Intan Jaya Diharapkan Agar Menjadi Pelindung Masyarakat Adat Kabupaten Intan Jaya

Arnold Belau, Foto : Dok Pribadi
Lembaga Musyarawah Adat merupakan suatu lembaga yang dibuat khusus untuk merangkuli, melindungi masyarakat pribumi. Lembaga Masyarakat Adat kabupaten Intan Jaya dibentuk sejak bulan Agustus 2010 silam di Kabupaten Intan Jaya. hasil dari pemilihan umum ketua LMA kabupaten Intan Jaya itu berhasil dimenangkan oleh Wortelius Belau. Dan sampai saat ini beliau menjadi ketua LMA untuk Kabaupaten Intan Jaya atas kepercayaan yan g diberikan oleh masyarakat adat kabupaten Intan Jaya yang diberikan kepada beliau melalui pemilihan ketua LMA satu tahun yang silam. Dengan terbetuknya LMA kabupaten Intan Jaya ini diharapkan supaya LMA benar-benar menjadi pelindung dan pembelah masyarakat adat untuk membelah hak-hak masyrakat adat secara khusus di kabupaten Intan Jaya. sebab, kabupaten Intan Jaya merupakan kabupaten baru yang pemekarannya dimekarkan tahun 2008 yang lalu. Kabupaten Intan Jaya sendiri merupakan daerah yang banyak mengandung kandungan mineral yang tinggi seperti Emas, dan barang tambang yang lainnya. Maka, beberapa tahun kedepan banyak investor-investor yang akan masuk untuk melakukan penambangan. Dalam hal ini LMA yang terbentuk diharapkan supaya menjadi pelindung masyarakat adat yang tangguh, kuat, dan kokoh yang dapat membelah hak-hak masyarakatnya. Karena nantinya akan dimasuki oleh banyak investor-investor untuk menambang kekayaan alam yang banyak mengandung intan, emas, dan tambang, sehingga bila investor-investor tersebut masuk maka masyarakat adat akan dihadapkan dengan banyak persoalan maka dari itu dalam persoalan ini yang mendungi hak-hak masyarakat pribumi adalah Lembaga Masyarakat Adat (LMA) kabuaten Intan Jaya.
Tugas utama dari pada dibentuknya Lembaga Masyarakat Adat di kabupaten Intan Jaya bukan hanya semata-mata sebagai sebuah lembaga tetapi merupakan sebuah lembaga yang benar-benara sebagai pelindung masyarakat. sebab Intan Jaya merupakan kabupaten baru sehingga dalam pembangunannya pun masyarakat akan dihadapkan pada berbagai persolan hidup, begitupun dengan perusahaan yang akan masuk di kabupaten Intan Jaya. Dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup itu LMA yang terbentuk satu tahun silam itu dapat menjadi lembaga yang satu-satunya dapat membelah hak masyarakat pribumi di bumi Intan Jaya.
Orang-orang yang bekerja di dalam LMA kabupaten Intan Jaya itu pun diharapkan orang-orang yang jujur, dan takut akan Tuhan yang daapat bekerja dengan sungguh hati dengan hati yang bersih, murni serta berjiwa membangun. Karena LMA kabupaten Intan Jaya yang dibentuk pada tahun 2010 lalu bukan dibentuk demia kapetingan seseorang ataupun satu pihak yang memiliki sifat keegoisan tinggi. Melainkan LMA kabupaten Intan Jaya yang dibentuk itu nantinya daapat menjadi pelindung banyak masyarakat di kabupaten Intan Jaya yang terdiri dari 6 (enam) distrik yakni : Distrik Sugapa, Hitadipa, Agiziga, Homeyo, Wandae dan distrik Bugalaga. LMA yang dibentuk itu bekerja untuk kepentingan banyak orang yang terdapat di 6 (enam) Distrik mulai dari Distrik Agiziga sampai dengan Bugalaga, oleh karena itu dibutuhkan orang-orang bekerja untuk keselamtan banyak orang dan takut akan tuhan.
Dengan demikian LMA kabupaten Intan Jaya yang terbentuk dapat menjadi pelindung masyarakat pribumi di kabupaten Intan Jaya yang bekerja untuk membelah dan melindungi hak-hak masyarakat adat kabupaten Intan Jaya.
Arnold Cherren Belau)*
Share this post :

Poskan Komentar

semua akan baik dan benar jika ada penilaian dari orang lain.

Ayat Alkitab Hari Ini

Popular Post

Find Us On Facebook

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah Black Koteka Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger